Home / Umum / Puluhan Siswi Pilihan Digembleng Diklat Jurnalistik

Puluhan Siswi Pilihan Digembleng Diklat Jurnalistik

Jombang—Sebanyak 20 siswi MAUWH mengikuti pendidikan dan latihan atau diklat jurnalistik. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yakni Rabu hingga Kamis (4-5/10) tepatnya di kelas IIA 2.

Saat memberikan sambutan mewakili Kepala Sekolah MAUWH, Ustadz Miftahul Arif sangat mendukung kegiatan ini. “Diklat jurnalistik sangat perlu dilaksanakan,” kata Ustadz Arif, sapaan akrabnya. Diharapkan dengan adanya diklat ini karya tulis siswa meningkat, demikian pula minat bacanya.

Materi pertama disampaikan Afairur Ramadhan. Dalam pandangannya, factor utama atau kunci biasa menulis adalah sering membaca. “Karena tanpa itu membuat tulisan akan terasa susah,” jelas alumnus IAIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.
Selain itu, kontributor NU Online di Jombang ini mengajak peserta memanfaatkan media social dengan baik. “Caranya adalah dengan melakukan share hasil tulisan agar orang lain ikut membaca,” ungkapnya. Ramadhan juga berpesan agar media social tidak dijadikan sarana untuk menghina, lanjutnya.
Narasumber lain adalah Syaifullah, serta Imam Syafi’i. Sebagai Pembina pengembangan diri jurnalistik, Syaifullah menyampaikan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam menulis, termasuk perbedaan opini dan berita.
Sedangkan Imam Syafi’I menyampaikan langkah menulis, cara mengembangkan tulisan, dan mencari sumber untuk menulis. “Menulis tidak hanya dengan cara membaca, juga bisa dengan mengamati suatu kejadian, mewawancarai seseorang, dan juga bisa dengan meneliti,” pungkasnya. (Aldina Ismi Amalia Ildana Putri/X MIPA2)

About adminr

MA UNGGULAN K.H. ABD. WAHAB HASBULLOH BAHRUL 'ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*