Home / Uncategorized / Alumni MAUWH Bisa Melanjutkan Studi ke Cina

Alumni MAUWH Bisa Melanjutkan Studi ke Cina

MAUWH adalah salah satu lembaga pendidikan formal tingkat SMA/MA di bawah Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Madrasah ini mendorong siswa/siswinya agar meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini terbukti dengan banyaknya alumnus yang menempuh studi di berbagai universitas di Indonesia maupun kampus di manca negara. Sabtu (6/1) lalu, MAUWH mengadakan sosialisasi studi lanjut ke Cina oleh Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITC) yang didirikan oleh mantan menteri BUMN, Dahlan Iskan dan menghadirkan Taajuddin Muslim dan Peni Witjaksono. Kegiatan yang berlangsung di aula utama madrasah tersebut diikuti seluruh siswa.

Program ITC membantu pelajar yang berkeinginan belajar ke Cina dan memberikan peluang dengan jalur mandiri maupun beasiswa. “Hadits Nabi mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Ini sesuai dengan prinsip MAUWH yang mendukung siswanya melanjutkan studi sampai ke luar negeri,” kata Miftakhul Arif. Wakil Kepala Kurikulum MAUWH ini mengemukakan bahwa dengan dipasangnya 10 bendera dari beberapa negara menunjukkan bahwa kiprah alumni madrasah ini demikian membanggakan.

Taajuddin Muslim menyampaikan bagaimana agar dapat melanjutkan studi ke Cina baik melalui jalur beasiswa maupun mandiri. Saat itu ia memaparkan rincian biaya dari mulai pendaftaran hingga biaya hidup di Cina dengan menawarkan berbagai kampus dan jurusan yang tersedia. Sejumlah universitas tersebut antara lain Universitas Shoufu Taiwan, Beijing Capital University, Capital Medical University, Yangtze University, Zheijing University, Chansha University. Tidak hanya menceritakan tentang dunia perkuliahanan, Taajuddin Muslim juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang belajar di Cina bisa kuliah sambil bekerja dengan penghasilan yang cukup tinggi.

Hal tersebut karena banyaknya peluang pekerjaan yang ada di negeri tirai bambu tersebut. “Tidak sedikit mahasiswa yang kuliah sambil bekerja mampu membantu orang tua mereka di kampung halaman,” tuturnya saat presentasi. Usai memberikan penjelasan, materi dilanjutkan dengan membuka sesi tanya jawab dengan para siswa/siswi. Mereka terlihat demikian antusias mengikuti sosialisasi yang ditunjukkan dengan beberapa pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Kegiatan diakhiri dengan dibagikannya sejumlah brosur universitas di Cina yang diberikan kepada siswa dan siswi MAUWH. (Luluk)

About adminr

MA UNGGULAN K.H. ABD. WAHAB HASBULLOH BAHRUL 'ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*